Diposting pada

Kerja

Dia didamba banyak orang. Manusia merasa perlu memilikinya. Bahkan, ketiadaannya dapat menjadi aib. Herannya, ketika telah mendapatkannya, orang acap mengabaikan, kurang memberi perhatian, kadang sengaja mengabaikannya. Tak sedikit pula yang menganggapnya beban, yang harus segera dilepaskan. Dia adalah kerja.

Apakah makna kerja sesungguhnya?

Banyak jawab dengan beragam versi dapat ditorehkan di sini. Namun demikian, patut diingat, kerja merupakan salah satu tujuan penciptaan. Manusia dicipta Tuhan bukan untuk berpangku tangan, melainkan untuk berlelah-lelah dengan tangannya. Kerja merupakan bukti kemanusiaan manusia, bahkan sarana aktualiasasi dan pengembangan diri manusia. Manusia yang tidak menjalani kerjanya dengan serius sejatinya telah mengingkari kemanusiaannya.

Setiap orang adalah karyawan: manusia yang berkarya. Tak ada karya besar maupun kecil. Karena setiap orang diberi talenta dan kemampuan berbeda. Yang utama, laksanakanlah pekerjaan itu dengan serius. Sebab, kerja adalah panggilan hidup. Manusia hidup untuk bekerja dan bukan sebaliknya.
Dalam hal ini, yang penting bukanlah banyaknya karya yang diperbuat, namun bagaimana kita melakukannya. Intinya: kualitas. Dan salah satu ukuran kualitas itu ialah kesetiaan. Artinya, sampai selesai. Jangan setengah-setengah. Tidak mutung, biar susah sungguh.

Rasul Paulus punya alasan lain. Kepada jemaat di Kolose dia menulis, “Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia” (Kol. 3:23).
Paulus menegaskan bahwa setiap orang adalah hamba Allah. Dan sebagai seorang hamba, dia harus sungguh-sungguh mempersembahkan segenap karyanya bagi Tuhan. Hanya dengan cara itulah, dia dapat membuktikan bahwa dirinya adalah abdi Allah. Dan orang-orang macam beginilah yang dapat berujar lega sebagaimana Yesus Kristus: ”Sudah selesai!”

Selamat Bekerja!

Yoel M. Indrasmoro
Direktur Literatur Perkantas Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *