Posted on Tinggalkan komentar

Memelihara Bumi

Selama 20 tahun terakhir, banyak terjadi bencana alam yang mengerikan dan menyebabkan kematian ratusan ribu manusia, hewan, serta menghancurkan wilayah daratan. Kemarau yang ekstrem, kualitas udara yang semakin buruk, dan kebakaran hutan disebabkan oleh kebiasaan membuka ladang tanpa memperhatikan lingkungan. Ini semua merupakan bencana yang disebabkan ulah manusia. Bumi semakin tua oleh sebab salah pengelolaan.

Tentu saja para ahli dan pemimpin dunia sudah menyadari hal ini. Berbagai fakta, komitmen, kesepakatan, dan perjanjian internasional ditandatangani serta dijadikan dasar untuk mencegah kerusakan ekosistem bumi yang semakin parah. Tentu ada banyak pendekatan lain yang bisa dilakukan. Salah satu pendekatan yang mendasar, yaitu mengikuti perintah Allah sesuai yang dikatakan dalam Alkitab.

Sesungguhnya, Allah memberikan mandat bagi manusia untuk mengusahakan dan memelihara bumi dengan sebaik-baiknya, demi kepentingan manusia sendiri. Hal ini patut menjadi fondasi gagasan, perilaku, dan tindakan kita. Mandat Allah kepada kita adalah mengembangkan kemampuan dan kapasitas dalam mengusahakan sumber daya itu, sehingga jumlah yang terbatas itu dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita. Bumi adalah rumah kita yang harus dijaga dan dilindungi oleh kita sendiri.

Dalam buku Teologi Kreasi dan Konservasi Bumi, Victor P.H. Nikijuluw menjelaskan bahwa Allah menciptakan kita dengan salah satu mandat khusus, yaitu mengusahakan dan memelihara bumi. Mandat ini begitu besar, sementara kita begitu kecil dibandingkan dengan seluruh isi bumi. Sebagai individu Kristen yang percaya kepada Allah Pencipta alam semesta, termasuk diri kita sendiri, mandat ini adalah salah satu konsekuensi logis.

Generasi muda, pemuda, remaja, dan anak-anak perlu diperkenalkan tentang mandat ini sejak dini. Bumi dan lingkungan di sekitar kita adalah berkat karunia Allah yang harus diusahakan dan dipelihara. Kekayaan alam nusantara adalah berkat Allah yang diberikan kepada bangsa. Memelihara dan merawatnya merupakan tanggung jawab semua warga negara, tetapi secara spesifikasi adalah perintah Allah bagi kita. Mari kita memelihara dan merawat bumi dari hal kecil dalam keseharian kita.

 

Heru Santoso

Literatur Perkantas Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *