Posted on Tinggalkan komentar

Pentingnya Evaluasi Diri

Bagaimana persepsi kita tentang Allah? Pertanyaan yang sulit dijawab kalau kita sendiri belum sungguh mengenal-Nya. Pengenalan akan Allah memampukan kita untuk membangun kehidupan pribadi yang lebih baik, juga ibadah kita, yang bermuara pada pelayanan gereja. Perkembangan Gereja sekarang ini tak lepas dari pengenalan akan Allah dan kehendak-Nya bagi umat-Nya.

Dalam buku Mengasihi Yang Mahakudus, A.W. Tozer menulis: ”Jika kita ingin mengetahui di mana kita berada dan ke mana kita pergi, kita perlu mengetahui bagaimana kita akan ke sana serta situasi rohani seperti apa yang sedang kita hadapi. Kita akan menilai diri kita sendiri dengan mempertimbangkan apa yang kita peroleh dan apa yang telah hilang dari kita.” Kalau kita mengenal Allah dengan baik, tentu kita tahu rencana Allah buat kita. Dan karena itu, perlu bagi kita untuk mengevaluasi kembali apa yang belum atau harus kita lakukan.

A.W. Tozer, dalam buku tersebut, juga menjelaskan kemajuan-kemajuan yang dicapai Gereja. Di antaranya: meningkatnya semangat keagamaan, pertumbuhan Gereja, lembaga pelayanan atau sekolah yang dimiliki Gereja, serta masih banyak lagi.

Apa yang diperoleh Gereja saat ini tentu tidak lepas dari proses evaluasi yang dilakukan secara rutin. Segala sesuatu memang perlu dievaluasi. Baik dan buruknya perlu dicatat supaya kita tetap berjalan menuju arah yang benar. Jika memang ada masalah, perlu dikoreksi untuk membawa kita kembali ke tempat seharusnya kita berada.

Allah telah membuat rancangan buat kita dan juga buat Gereja. Kita perlu mengevaluasi di mana kita sekarang? Apakah yang kita lakukan sekarang memang sesuai rancangan Allah. Kita perlu, dan siap, mengevaluasi diri agar tetap berada di jalan yang telah direncanakan Allah bagi kita.

Nah, di mana kita sekarang?

Heru Santoso
Literatur Perkantas Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *